Rahasia Kemajuan Bangsa Jepang di Dunia

Rahasia Kemajuan Bangsa Jepang di Dunia-Jepang merupakan salah satu negara yang berada di kawasan asia timur, tetangga dekat dari korea utara, korea selatan dan Republik Rakyat Cina. Berbicara mengenai negara Jepang maka kita akan membayangkan sebuah negara yang sangat maju, kaya dan modern dalam segala bidang. Saat ini Jepang merupakan salah satu negara terkaya di dunia dan menjadi sebuah negara yang produknya paling diminati oleh masyarakat karena dikenal sangat awet dan berkualitas tinggi.

Mengapa Jepang bisa sedemikian hebat padahal Jepang sangat miskin dengan sumber daya alam, bahkan Jepang bukan apa apanya Indonesia ? Inilah hal yang menarik untuk kita bahas dan kita soroti, kemajuan yang dicapai oleh Jepang pasti menyisakan rahasia, Jepang pasti punya strategi berbeda yang tak dimiliki oleh bangsa Indonesia. Bahkan kita pun tak bisa menutup mata jika negeri kita yang kaya raya pernah dijajah oleh Jepang selama kurang lebih 3,5 tahun.

Apakah orang orang Jepang lebih pintar dari rakyat Indonesia ? Tidak juga, Tuhan telah menciptakan manusia dengan kadar otak yang tauh beda antara satu manusia dengan manusia lainnya. Jepang mampu menjadi bangsa yang besar, maju dan modern karena tak pernah berhenti dalam belajar. Sejarah mencatat bahwa Jepang merupakan bangsa pertama yang terbebas dari buta huruf.

Ketika bangsa lain masih bersusah payah untuk belajar bagaimana caranya membaca Jepang telah giat mempelajari ilmu ilmu yang lebih tinggi. Pada saat bangsa lain mulai belajar ilmu yang lebih tinggi, Jepang sudah mulai menerapkan ilmu ilmu yang sedang dipelajari. Mereka bergerak lebih cepat dari bangsa manapun, bahkan rakyat Jepang dikenal sebagai bangsa yang paling gemar membaca buku.

Kemanapun mereka pergi selalu membawa bacaan, sambil menunggu kereta mereka membaca, ketika jalan macet mereka membaca, dan lain sebagainya. Bahkan Jepang merupakan satu satunya penjajah yang telah mengatur strategi dengan sangat jenius sebelum masuk ke Indonesia. Mereka konon sudah bisa berbicara bahasa Indonesia, sehingga saat mereka tiba di Indonesia tidak dicurigai sebagai penjajah.

Dengan membaca atau terus menerus belajar berbagai ilmu pengetahuan, bangsa Jepang jadi mampu menciptakan berbagai produk yang diminati oleh masyarakat dunia. Mereka bukan hanya mampu mengalahkan Amerika di bidang ekonomi, tetapi Jepang juga mampu memperluas pasarnya ke negara negara yang menjadi pesaing utamanya. Produk buatan Jepang memang dikenal mahal tetapi kualitas selalu tak terkalahkan. Walau mahal tetapi tetap laku di pasaran dunia, sebab masyarakat percaya bahwa mutu dari produk buatan Jepang tak pernah mengecewakan.

Bangsa Jepang merupakan bangsa sangat percaya diri, mereka percaya akan mampu menaklukan kekuatan dunia, mereka percaya bahwa dengan bekal ilmu yang memadai semua jenis keunggulan bisa tercapai. Oleh karena itu meski kini Jepang sudah berhasil mewujudkan mimpinya menjadi bangsa yang maju dan modern tetapi mereka tetap belajar hal hal yang lebih baru. Bagi bangsa Jepang tak ada kata berhenti dalam belajar, sebab mereka bisa menjadi seperti sekarang karena didukung oleh keunggulan ilmu.

Satu hal yang sangat menarik adalah bahwa murid murid di Jepang dikenal sangat hormat kepada guru gurunya, karena mereka percaya bahwa guru adalah perantara yang tak bisa digantikan oleh sarana apapun.Murid akan gagal dalam belajar ketika mereka tak mampu menempatkan guru pada posisi terhormat. Murid murid di Jepang dikenal sangat patuh dengan setiap perintah yang disampaikan oleh Bapak/Ibu guru di sekolah. Semua tugas selalu diselesaikan dengan baik, tanpa perlu diawasi para murid selalu belajar dengan giat dan memanfaatkan waktunya untuk belajar keras.

Semangat lain yang dimiliki oleh bangsa Jepang adalah sikap pantang menyerah, mereka akan terus melawan bangsa manapun hingga kekuatannya benar benar habis. Tak ada kata menyerah dalam berusaha, bahkan orang Jepang rela bunuh diri ketika mereka gagal dalam mewujudkan impiannya. Rasanya tak terlalu mengherankan jika Jepang akhirnya maju, mereka maju karena mau belajar dan mempelajari segala ilmu yang berguna untuk kehormatan bangsanya. Itulah Rahasia Kemajuan Bangsa Jepang di Dunia yang bisa dicontoh.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon