Peran Internet Di Era Digital

Peran Internet Di Era Digital-Internet merupakan produk teknologi yang kini memainkan peranan sangat penting dalam kehidupan manusia di seluruh dunia. Kelahiran internet tak bisa dilepaskan dari mata rantai perkembangan ilmu pengetahuan di masa lalu. Salah satu penemuan paling penting yang mendukung teknologi internet adalah keberhasilan Thomas Alva Edison yang berhasil menemukan listrik. Disusul oleh penemuan lain seperti komputer dan penemuan gelombang elektromagnet dan lain sebagainya.

Peran Internet Di Era Digital
Mungkin kita bertanya mengapa internet itu penting, apakah tidak termasuk perkara bid'ah, karena Nabi Muhammad SAW belum memakainya, sementara ada satu hadist bahwa apa yang tak dilakukan oleh Rosululloh SAW itu termasuk perkara bid'ah?

Disini kita tak akan berdebat masalah bid'ah, kalau kita selalu mempermasalahkan bid'ah sementara ilmu agamanya juga kurang mumpuni maka hanya akan menimbulkan fitnah. Bukan saatnya lagi kita terus terusan menghakimi amalan orang lain dengan kata bid'ah sebelum kita belajar dari para ulama, kyai , dan mengkaji kitab kitab yang sejalan dengan Al Qur'an, Sunnah,Ijma' dan Qiyas.

Baik mari lanjutkan pembahasan kita mengenai peranan internet dalam kehidupan manusia. Setidaknya ada 3 peran penting yang bisa kita temukan pada teknologi online ini. Kita namakan online karena setiap saat orang yang terhubung dengan internet bisa mengakses segala jenis informasi yang telah disajikan melalui website, blog , dan situs situs lainnya. Dimanapun mereka dan kapanpun waktunya antara satu orang dengan lainnya bebas berhubungan tanpa harus saling bertatap muka. Untuk lebih jelasnya mari kita telaah lebih jauh bagaimana internet ini memberi pengaruh untuk kehidupan di masa kini :

Pertama, Internet telah membawa dampak besar bagi tersebarnya informasi ke seluruh dunia. Satu contoh kecil adalah dengan lahirnya mesin pencari yang bernama google, yahoo, dan bing. Ketiga situs ini mampu menjawab kebutuhan manusia yang memerlukan informasi cepat dalam hitungan detik. Orang orang yang sedang memerlukan informasi tambahan bisa memanfaatkan ketiga situs web ini dengan cara mengetikkan kata kunci di kolom yang tersedia. Dalam hitungan detik mereka akan menampilkan milyaran informasi yang saat itu sedang kita cari. Bukankah ini sebuah kehebatan yang belum pernah ada di masa lalu?

Kedua, Internet membuat manusia bertambah cerdas. Mungkin kita bertanya bagaimana bisa teknologi online ini mampu mengubah pola pikir manusia menjadi lebih maju? Iya, itu bukan sesuatu yang mengada ada, karena kelahiran internet ini membuka peluang yang seluas luasnya kepada siapa saja untuk belajar berbagai ilmu pengetahuan tanpa terpengaruh jarak dan waktu. Bahkan dengan kecanggihan internet,batas antar negara seolah olah tak ada lagi, kita bisa dengan mudah memperoleh kabar terkini yang ada di Madinah dengan mengakses situs situs online dari Arab  Saudi, kita bisa belajar bahasa Arab secara online dari situs web yang berasal dari negara negara timur tengah.

Ketiga, Internet memudahkan cara kerja manusia. Kini bukan hanya kalangan ahli saja yang memakai internet,masyarakat desa, kota dan dunia sudah gandrung dengan teknologi online ini. Bank sebagai lembaga keuangan misalnya, sangat diuntungkan dengan kehadiran internet, mereka mengeluarkan layanan keuangan berbasis online yang dinamakan dengan internet banking. Perguruan tinggi yang ada di Indonesia juga telah mengubah pola pendaftaran mahasiswa baru dengan sistem onlilne. Kantor Pos Indonesia, kini juga telah menerapkan kecanggihan internet untuk beberapa layanannnya. Dengan bantuan internet kini orang yang mengirim wesel tidak perlu was was, karena hanya dalam hitungan detik uang sudah bisa diambil oleh saudara yang ada dimanpun tempatnya.

Intinya internet adalah bagian dari gaya hidup manusia zaman sekarang, era digital adalah sebutan lain dari masa pemakaian internet di masyarakat. Lalu muncul satu pertanyaan lagi yang cukup mengusik, apakah kita akan berdiam diri sementara orang lain dan bangsa lain sudah melesat jauh ke depan dengan teknologi onlinenya? Tentunya kita pun harus mengejar semua ketertinggalan yang ada, kita harus melek internet, kita harus menjadi generasi yang bijak dalam memanfaatkan teknologi.

Bagi orang tua yang tinggal di Banjarnegara dan sekitarnya maka tak perlu berpikir terlalu jauh, boleh saja anda tak paham bagaimana dan seperti apa cara kerja internet, namun putra putri anda haruslah maju dan mereka harus mendapatkan pendidikan yang tepat agar nantinya tidak tergilas oleh kemjuan zaman. MTs Nurul Huda membuka diri dan siap mendidik putera puteri anda menjadi anak yang siap dalam menghadapi tantangan zaman. Dengan bekal ilmu, teknologi dan akhlak mulia maka putera puteri anda tak akan tersingkir dari dahsyatnya kemajuan teknologi online yang bernama internet. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk singah dan membaca Peran Internet Di Era Digital semoga menambah pengetahuan anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon