Daftar Lengkap Wisata Di Sulawesi Tengah

Daftar Lengkap Wisata Di Sulawesi Tengah-Provinsi yang beribukota di Palu ini memiliki banyak hal untuk di tawarkan. Wilayah ini memiliki potensi wisata yang beragam, baik wisata alam, wisata bahari, agrowisata, maupun wisata budaya.

Provinsi Sulawesi Tengah terdiri atas 11 kabupaten dan 1 kota, 147 kecamatan, dan 1.664 desa/ kelurahan. Provinsi ini memiliki luas daratan 61.841,29 km2 (BPS 2010), dengan penduduk 2.633.420 jiwa (SP 2010), dengan tingkat kepadatan penduduk 43 jiwa/ km2.

Daftar Lengkap Wisata Di Sulawesi Tengah
Peta Sulawesi Tengah
Garis khatulistiwa yang melintasi semenanjung bagian utara di Sulawesi Tengah membuat iklim daerah ini tropis. Akan tetapi, berbeda dengan Jawa dan Bali serta sebagian pulau Sumatera, musim hujan di Sulawesi Tengah antara bulan April dan September sedangkan musim kemarau antara Oktober hingga Maret. Rata-rata curah hujan berkisar antara 800 sampai 3.000 milimeter per tahun yang termasuk curah hujan terendah di Indonesia.

Sobat dapat menikmati pemandangan alam dengan setting pegunungan, hutan wisata, taman nasional, batuan megalitik, tempat-tempat yang memiliki latar belakang sejarah, serta keanekaragaman tradisi, seni, dan budaya lokal yang unik dan menarik. Inilah tempat untuk Anda berpetualang, trekking, arung jeram, dan mengamati burung. Hutan Sulawesi juga memiliki ciri tersendiri, didominasi oleh kayu agatis yang berbeda dengan Sunda Besar yang didominasi oleh pinang-pinangan (spesies rhododenron). Variasi flora dan fauna merupakan obyek penelitian dan pengkajian ilmiah dan dapat Anda kunjungi di suaka alam seperti Taman Nasional Lore Lindu, Cagar Alam Morowali, Cagar Alam Tanjung Api, dan terakhir adalah Suaka Margasatwa di Bangkiriang. Berikut daftar wisata yang ada di Sulawesi Tengah :

Daftar Wisata Di Sulawesi Tengah
  1. Pasir Putih Paleleh
  2. Suaka Margasatwa Solodik
  3. Batu Susun, Pantai Lakea
  4. Pantai Talise
  5. Taman Nasional Lore Lindu
  6. Danau Poso
  7. Taman Wisata Wera
  8. Gua Latea
  9. Taman Nasional Kepulauan Togean
  10. Danau Poso
  11. Pulau Kadidiri
  12. Pulau Poya Lisa
  13. Pulau Malenge
  14. Museum Sulawesi Tengah
  15. Jembatan Palu IV
  16. Taman Alam Poboya
  17. Arena Motocross Tanah Runtuh
  18. Banua Mbaso
  19. Taman Ria
  20. Kediaman controleur
  21. Gunung Gawalise
  22. Makam Datok Karamah
  23. Pantai Tanjung Karang
  24. Pusentani/Pusat Laut
  25. Air Panas Bora
  26. Lembah Pipikoro
  27. Burung Maleo
  28. Pantai Nalera
  29. Likunggawali
  30. Pulau Kelelawar
  31. Pulau Makatata
  32. Gua Salodik
  33. Luwuk Berair
  34. Salodik Water fall
  35. Air Terjun Tontouan
  36. Pulau Dondolan
  37. Mata Air Duaka- Desa Senese Kec.Bunta
  38. Pulau Dua Balantak
  39. Pantai Bualemo
  40. Teluk Lalong
  41. Pantai Kilo Lima
  42. Pantai Pandan Wangi
  43. Situs Bunker Pertahanan Jepang
  44. Situs Jembatan Lobu – Kecamatan Lobu
  45. Museum Daerah Kab.Banggai
  46. Upacara Adat Tumpe
  47. Tarian TANO’ MO’ITOM
  48. Tari Molabot
Kurang lengkap rasanya jika sudah menikmati wisata namun tidak menikmati kuliner nya. Cobalah sugili, nama lokal untuk belut. Sobat dapat membelinya di pasar dan memasaknya sesuai dengan keinginan. Namun, akan lebih mudah jika Anda pergi ke restoran dan warung makan setempat, kemudian memesan hidangan belut. Pisang molen, kue yang diisi dengan pisang kemudian digoreng atau dipanggang, rasanya enak untuk Anda cicipi.

Kaledo atau daging sapi dan sup tulang sumsum juga patut Sobat coba. Ingatlah bahwa makanan tersebut menggunakan cabe dan asam sehingga rasanya agak pedas dan asam. Sangat enak dimakan dengan burasa yang terbuat dari beras dan santan kemudian dikukus dalam daun pisang.

Tempat wisata di atas sebetulnya masih banyak dan untuk selengkapnya tentang tempat wisata di Sulawesi Tengah saya membahas nya pada artikel mendatang jika saya memiliki waktu dan menemukan data yang lebih baru. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semua yang mungkin ingin berlibur ke Sulawesi Tengah.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon