BlackBerry Boyong BBM ke Android & iOS

Kabar mengejutkan kembali datang dari event BlackBerry Live 2013 di Orlando, Amerika Serikat. Tak lama lagi, layanan BlackBerry Messenger (BBM) akan hadir di iOS dan Android.

Ya, CEO BlackBerry Thorstein Heins mengungkapkan bahwa BBM -- yang selama ini eksklusif di OS BlackBerry -- akan segera terbuka dan hadir di sistem operasi lain.


"Mulai musim panas nanti, BBM akan segera hadir di lintas platform," kata Heins, di acara BlackBerry Live, yang turut dihadiri oleh detikINET, Selasa (14/5/2013).

"Ini adalah bukti komitmen kami dalam mengembangkan pengalaman BBM di platform lain secara utuh. Nantinya pengguna dapat berbagi pesan dan membuat grup," tambahnya.

Heins menambahkan, BBM lintas platform ini akan mendukung iDevice dengan versi iOS 6 dan Android Ice Cream Sandwich ke atas.

"BB10 memberikan kami rasa percaya diri dengan kehadiran BBM yang menjadi layanan pesan yang berdiri sendiri," tandasnya.

BlackBerry dikenal karena mempunyai layanan instant messaging khusus bernama BlackBerry Messenger (BBM). Namun sepertinya, eksklusifitas BBM segera sirna.

Ini setelah CEO BlackBerry Thorsten Heins memutuskan untuk membuka BBM ke lintas platform. Tepatnya ke sistem operasi iOS dan Android.

Sebuah keputusan yang mengejutkan memang, karena dahulu ketertutupan BBM menjadikannya solusi yang diminati oleh pebisnis.

Lalu sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006, apa yang membuat akhirnya perusahaan asal Kanada itu 'melepas' BBM ke platform lain.

"Mengapa kami melakukannya sekarang? Platform BlackBerry 10 didukung sangat kuat dan ini waktu yang tepat untuk mendukung BBM menjadi solusi messaging yang berdiri sendiri," kata Heins, di BlackBerry Live, yang turut disaksikan detikINET, di Orlando, Amerika Serikat.

Di salah satu presentasinya juga, Heins mengatakan sejak diperkenalkan 7 tahun lalu, BBM sudah mempunyai 60 juta aktif.

Dilihat dari sudut yang berbeda, BBM memang masih kalah jauh dengan WhatsApp dengan 200 juta pengguna aktif. Tapi ingat, WhatsApp adalah layanan lintas platform.

Setelah musim panas nanti, ketika BBM hadir di App Store dan Android Google Play Store maka sudah sahih bila menyebutkan strategi BlackBerry ingin membuat BBM seperti layaknya WhatsApp, Line, KakaoTalk dan WeChat.

Sebuah keputusan berani, dan konsumen yang menentukan juga. Apakah strategi ini membuat BlackBerry untung atau buntung?

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon