Sejarah Sistem Operasi Linux

Pada kesempatan sebelumnya penulis sudah share Sistem Operasi Dan Definisinya, Pada kesempatan ini saya akan share lagi tentang sejarah Sistem Operasi Linux.

Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

Linux dikembangkan oleh Linus Torvalds yang pada saat itu merupakan mahasiswa di Finlandia pada tahun 1991. Linux adalah varian dari system operasi Unix yang sangat popular saat ini. Linux diinspirasi dari Minix (Mini Unix), dan dilandasi oleh beberapa software dari GNU.

Perkembangan versi Linux :

- versi pertama Linux 0.10 pertama kali dipublikasikan pada November 1991
- versi 0.11 pada Desember 1991
- pada versi 0.13 Linux sudah lebih stabil dan diubah versinya menjadi versi 0.95
- kini Linux berkembang secara cepat

Utilitas dasar yang ada pada Linux hampir selalu berasosiasi dengan utilitas yang ada pada Unix, karena sebagian pengembangnya berlatar belakang dari Unix, dan memiliki aplikasi yang ada di Unix yang kemudian dibawa ke Linux. Utilitas ini dikembangkan di bawah lisensi GNU.

Hal yang membedakan Linux dengan sistem operasi lainnya adalah harga. Linux gratis.Linux disusun berdasarkan standard sistem operasi POSIX, yang sebenarnya diturunkan berdasarkan fungsi kerja UNIX. UNIX kompatibel dengan Linux pada level system call, ini berarti sebagian besar program yang ditulis untuk UNIX atau Linux dapat direkompilasi dan dijalankan pada sistem lain dengan perubahan yang minimal. Secara umum dapat dikatakan Linux berjalan lebih cepat dibanding Unix lain pada hardware yang sama. Dan UNIX memiliki kelemahan, yaitu tidak bersifat free. MS-DOS memiliki kemiripan dengan Linux, yaitu file sistem yang bersifat hirarkis.

Linux membedakan file menjadi tiga jenis:
  •  File biasa adalah file yang ada di dalam sitem yang berisi data, teks, atau perintah perintah untuk computer.
  • File direktori adalah file yang berisi informasi tentang struktur penyimpanan file dalam direktori dalam bentuk tree yang disebut dengan direktori.
  • File khusus adalah file yang digunakan oleh system, berisi data atau system device yang digunakan oleh system.
Nama direktori dan file dalam Unix dan Linux memiliki panjang (jumlah karakter) yang lebih dari cukup, biasa dari 1-255 karakter.
Nama file terdiri atas kombinasi karakter, angka, dan tanda baca tertentu.
Nama file tidak boleh mengandung tanda baca seperti / dan tidak bisa memiliki tanda “ (kutip, quote). Tanda “/” digunakan untuk menunjukkan direktori.

Struktur direktori

Hirarki struktur direktori dalam Unix seperti struktur pohon yang terbalik. Root direktori dilambangkan dengan / merupakan direktori tertinggi, yang kemudian memiliki direktori di bawahnya seperti bin, dev, etc, lib, tmp, usr dan home.

Perbandingan Linux dengan Windows

Linux Windows
  1. Linux dikembangkan dengan menggunakan konsep open source. Ini berarti bahwa kode program dari Linux terbuka untuk semua orang yang ingin mengembangkannya.
  2. Operating system yang agak sulit untuk dipelajari terutama bagi yang tidak mempunyai dasar komputer yang kuat
  3. Stabilitas, Linux sangat luar biasa stabil, jika dikonfigurasi dengan benar, system linux akan hidup terus menerus hingga hardwarenya tidak memadai (rusak)
  4. Hardware dan softwarenya belum sebanyak pada windows
  5. Lebih aman, dan Linux juga mewarisi tradisi UNIX dengan mendukung adanya file permission (izin file), yang dapat mencegah pengubahan atau penghapusan file tanpa izin dari pemiliknya, karena itu, virus pada dasarnya tidak dikenal di dunia linux. Harga licensi yang mahal Windows xp $295,Office$362, OS server $3585
  6. And user artinya orang yang awam tentang komputer bisa menjalankannya.
  7. windows yang memerlukan reboot berkala untuk menjaga stabilitas.
  8. Banyak didukung oleh vendor hardware dan software
  9. Sistem security yang lemah dan mudah dijebol oleh para hackers
Mungkin hanya itu saja Sistem Operasi Dan Definisinya yang penulis bisa share jika ada kekurangan kelebihannya saya minta maaf dan semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
23 Mei 2013 13.42 delete

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

Reply
avatar

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon