Proses Terjadinya Gerhana Bulan Dan Matahari

Pada Artikel sebelumnya saya sudah mengulas Resolusi Bumi Dan Pengaruh Resolusi Bumi, dan sekarang wibialwis blog akan share tentang Proses Terjadinya Gerhana Bulan Dan Matahari. Bagi sobat yang belum tau apa itu Proses Terjadinya Gerhana Bulan Dan Matahari disimak ya penjelasanya dibawah ini :

 Menurut para ahli astronomi, Gerhana merupakan proses tertutupnya matahari atau bulan secara tiba-tiba. Gerhana dibedakan menjadi dua, yaitu gerhana bulan dan gerhana matahari.

1. Gerhana Bulan

Gerhana bulan terjadi karena sinar matahari yang menuju bulan terhalang bumi. Karena sinar matahari mengarah ke bumi, di belakang bumi terbentuklah bayangan, yaitu bayangan gelap total (umbra) dan bayangan redup (penumbra). Gerhana bulan total terjadi jika bulan berada pada daerah umbra. Jika bulan berada di daerah penumbra, gerhana yang terjadi adalah gerhana bulan sebagian atau gerhana parisal. Gerhana bulan terjadi pada waktu malam hari. Proses terjadinya gerhana bulan dapat dilihat pada gambar berikut. Jika kita lihat gambar di bawah, gerhana bulan terjadi jika posisi Matahari - Bumi - Bulan berada dalam satu garis. 

2. Gerhana Matahari

Gerhana matahari terjadi jika bulan melintas di antara Bumi dan Matahari. Bumi yang berada di daerah umbra akan mengalami gerhana matahari total, sedangkan bumi yang berada di daerah penumbra akan mengalami gerhana matahari sebagian (parsial). Gerhana matahari terjadi pada waktu siang hari. Proses terjadinya gerhana matahari dapat dilihat pada gambar berikut. Kita lihat bahwa posisi Matahari - Bulan - Bumi berada pada satu garis lurus. 


Itulah informasi dari wibialwis blog yang bisa di berikan pada sobat semua. Semoga artikel Proses Terjadinya Gerhana Matahari dan Bulan bermanfaat bagi Sobat dan Salam.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
17 Maret 2013 08.43 delete

kaya balik lagi ke jaman waktu masih SD ya sob,, tapi pelajaran ini selalu jadi menarik buat saya gak pernah bosen,, thanks sob.

Reply
avatar
17 Maret 2013 22.42 delete

ia, karena ilmu itu gak terbatas sob, mau dari SD sampai mana aja, kalau kita gak ada pengetahuan..pastilah kita bodoh dan akan menderita..hehehehehe

Harus, jangan mudah bosen sob sama ilmu, klo yang lain gak tau dech..hehehe..Sama-sama sob.

Reply
avatar

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon