Memilih Tablet Multimedia

Memilih Tablet Multimedia-Geliat pasar tablet kian memanas, vendor branded dan lokal berkompetisi mencari diferensi produk demi peningkatan margin profit serta pangan pasar. Banyaknya pilihan tablet membuat pasar tablet lebih berwarna dengan ragam fitur dan variasi harga sehingga calon konsumen semakin dimanjakan. Nah jika anda ingin membeli tablet multimedia berikut tipsnya :

1. Harga Diatas Rp. 2.5 Jutaan

Tablet dengan fitur multimedia kini banyak tersedia di pasaran, harga yang ditawarkan oleh vendor lokal umumnya terjangkau dibanding dengan tablet besutan vendor branded. Namun ada rupa ada harga, jika memiliki budged lebih sebaiknya pilihan tablet multimedia dengan range harga diatas Rp 2.5 Juta lebih. Karena tablet dirange harga tersebut menawarkan fitur dan hardware yang mumpuni sehinga calon pengguna akan terpuaskan oleh performa tablet tersebut.
Memilih Tablet Multimedia
2. Desain Simple Dan Ringan

Pengguna tablet umumnya identik dengan aktifitas mobile, oleh sebab itu pilihan tablet dengan desain simple, ringan dan berukuran sedang akan memudahkan pengguna untuk mengoperasikanya dimanapun dan kapanpun. Serta pilihlah materi tablet yang tangguh, terbuat dari material sintetis karena material tersebut mampu memberikan ketahanan terhadap debu, air dan guncangan.

3. Layar Capacitive Multitouch

Tablet multimedia saat ini sudah dibekali kualitas layar dengan teknologi tercangih sehingga mampu menghadirkan gambar sempurna. Pilihlah tablet dengan teknologi layar sentuh kapasitif, karena teknologi ini memungkinkan Multitouch dan kepekaantinggi terhaap sentuhan jari. Serta pilihan resolusi layar sesuai kebutuhan, jika membutuhkan file besar seperti video akan membutuhkan resolusi layar besar. Layar yang dibesarkan produk apple sudah mengadopsi teknologi canggih yaitu Retina Display. Teknologi tersebut diciptakan oleh Apple dengan memadukan teknologi IPS (In-Plane Switch) sehingga membuat retina mata tidak bisa membedakan individual piksel dilayar hasilnya tampilan layar terlihat sangat halus dengan warna alami.

4. Sistem Oprasi Android, IOS, Windows 8


Sistem operasi merupakan perangkat lunak atau software yang menjalankan fungsi dari perangkat. Dipasaran terdapat tablet dengan beberapa sistem operasi diantaranya :

- Sistem Operasi IOS
IOS merupakan sistem operasi yang dirilis Apple untuk produk besutanya seperti Ipad, Iphone. Untuk IOS terbarunya adalah versi iOS 6 berikut keunggulanya :
  1. SIRI, yaitu aplikasi interaksi percakapan sebagai pengingat. Pada versi iOS 6 ini kemampuan siri lebih baik dari iOS sebelumnya yaitu adanya. tambahan bahasa Mandarin dan Korea serta bisa melihat jadwal film bioskop dan memesanya dengan mengoceh (khusus di Amerika,Inggris dan Kanada.
  2. Maps iOS 6 3D, yaitu aplikasi pencarian lokasi atau peta sebagai pengganti Google maps
  3. Facebook, di OS ini Facebook sudah terintegrassi sehingga memudahkan pengguna untuk upload foto secara langsung dari kamera serta juga bisa share lokasi dengan menggunakan Apple maps.
  4. Passbook, yaitu aplikasi untuk menyimpan data kupon, tiket pesawat, tiket nonton, dll.
  5. VIP Mail, yaitu fitur untuk mengelompokan kontak serta email yang wajib dibaca dan tidak(spam)
  6. Face Time, yaitu aplikasi video call atau telpone yang dapat dilakukan melalui koneksi 3G dan 4G.
  7. Don't Disturb, fitur ini apat membantu pengguna jika tidak ingin diganggu oleh telpon dari orang-orang yang tidak dikenal atau ketika pengguna tengah sibuk.
- Sistem Operasi Android

Sistem operasi ini paling banyak digunakan oleh vendor untuk varian tabletnya baik vendor branded maupun lokal banyak menggunakan platform ini dan beberapa tablet sudah ada yang menggunakan versi 4.1 jelly bean. Berikut keunggulan OS Android tersebut.

Keunggulan Os Android v4.1 Jelly Bean
  1.  Dilengkapi aplikasi Googel Now, Aplikasi yanng mengetahui tempat dan waktu anda berada.
  2.  Dilengkapi dengan notifikasi "Actionable"
  3.  Respon sentuhan cepat dan pergntian aplikasi juga lebih mulus.
  4. Ukkuran widget ini bisa menyesuaikan diri dengan layar ponsel.
  5. Gallery yang mampu menampilkan dan edit foto.
  6. Keyboard dilengkapi apllikasi auto correct dan memprediksi lebih banyak.
  7. Aplikasi voice Dictation Offline, yang bisa berfungsi tanpa jaringan online.
  8. Dilengkapi fitur Braille dan koneksi USB dan Bluetooth.
  9. Dilengkapi dengan NFC.
  10. Pencarian suara yang lebih cerdas karena bisa berbicara kembali kepada penggunanya ketika memberikan jawaban yang pintar.
- Sistem Operasi Window 8

Sistem Operasi window 8 merupakan besutan dari microsoft yang baru saja meluncur pada 26 oktober 2012 lalu, berikut ini keunggulanya :
  1. Otimalisasi pada layar sentuh
  2. Suport Chip ARM
  3. Dilengkapi aplikasi window store
  4. Support NCF (Near Field Communication)
  5. Internet Explorer 10
  6. Sistem keamanan lebih baik
  7. Window 8 tidak membutuhkan upgrade PC
5. Procesor Multicore
Performa dan kinerja tablet ditentukan oleh procesor yang dugunakan sehingga prosesor disebut juga otak tablet. Semakin tinggi prosesor tentunya akan mempercepat performa kinerja tablet PC dalam menjalankan menu dan aplikasi. Untuk mendapatkan kualitas performa mumpuni, pilihlah tablet dengan kecepatan prosesor tertinggi. Dipasaran prosesor yang dihadirkan umumnya memiliki kecepatan multicore seperti prosesor besutan Qualcomm, Exynos, Nivida tegra, MTK dan lain sebagainya.

6. FItur

 Tablet multimedia yang beredar dipasaran umumnya dilengkapi fitur sebagai berikut :
  • Teknologi Wifi dan HSDPA
  • Layar sentuh capasitive touchscreen
  • OS Android Ice cream, Os Android Jelly Bean, Ios 6
  • Prosesor multicore
  • Fitur NFC (Near field communication) yaitu konektifitas berbasis teknologi radio frequency identification (RFID) sehingga memungkinkan komunikasi antar perangkat dalam jarak dekat.
  • Dual kamera. beresolusi diatas 2 MP.
  • Kualitas vidio High definition (HD)
  •  MP3/WAV/eAAC+/WMA Player, Organizer, Image/vidio editor
  • Kapasitas memorri internal besar serta memory External besar yaitu bisa diexspan hingga 32 G
  • Kapasitas baterai besar, umumnya diatas 4000 mAH.
7. Kapasitas Memory Internal Dan External Besar

Tablet multimedia yang beredar dipasaran saat ini umumunya memiliki kapasitas memory internal besar 8GB dan juga dilengkapi memori exsternal besar, digeber hingga 32 GB.

8. Bateray Berkapasitas Di Atas 4000 mHA


Memilih tablet Multimedia, hal utama yang harus diperhatikan adalah kekuatan baterai. Baterai dengan kapasitas besar akan mampu memiliki daya tahan yang mumpuni. Pilihan tablet dengan kapasitas besar diatas 4000 mHA, karena umumnya dengan kapasitas tersebut kekuatan baterai bisa bertahan dalam keadaan aktif hingga 6 jam.

Dibawah ini adalah beberapa Tablet Rekomendasi saya yang bisa anda gunakan sebagai tablet multimedia :

1. Cyrus TV Pad
2. Googel Nexsus 7
3. Samsung Galaxy Tab 2 10.1 inc
4. Ipad Mini 16 GB
5. Samsung Galaxy Note 10.1

Demikianlah Tips untuk memilih tablet Multimedia dan bberapa tablet rekomendasi dari saya, silahkan anda pilih dengan selera dan budget yang anda punya. Semoga bermanfaat dan salam.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon