Cara Memperbaiki Peringatan: Missing required field "updated".

Apa yang menyebabkan adanya Peringatan: Missing required field "updated" dan bagaimana cara mengatasinya?

Sobat mungkin mendapatkan peringatan Missing required field "updated" pada saat mengecek blog sobat di webmaster tool richsnippets dan mencari solusi untuk memperbaiki peringatan tersebut sehingga bisa sobat terdampar di blog ini... hehehehe...!!!

Contoh Peringatan Mising required Field "Updeate"

Kembali ke laptop...!!!
Kebanyakan dari bloggers tidak pernah memperhatikan hal-hal seperti ini dan hanya berfokus kepada hal-hal lain seperti sibuk mencari backlink yang berkualitas, mencari ide-ide segar untuk mempersiapkan postingan selanjutnya dan tidak memperhatikan kesehatan blognya sendiri. Terus apa yang menyebabkan adanya peringatan missing required field "update" ini? Penyebab adanya Peringatan : Missing required field "updated" yakni karena googlebot tidak dapat mendeteksi tanggal dan jam postingan pada saat sobat menerbitkan atau memposting artikel baru.

Memang banyak blogger lain beranggapan bahwa peringatan semacam itu tidaklah penting dan tidak akan berpengaruh terhadap pagerank blog pada search engine, tetapi tidak menurut saya, kenapa? karena jika webmaster seperti google sendiri sudah menemukan adanya error pada blog dan memberikan peringatan, berarti blog tersebut sudah dinyatakan tidak sehat.
Cek Di Webmaster Tool Richsnippets

Terus bagaimana cara memperbaikinya?

Cara mengatasi peringatan error tersebut tidaklah susah, hanya saja memerlukan ketelitian dalam memasang beberapa potong kode ke dalam template blog, namun sebelum pamasangan kode sobat lakukan, saya sarankan untuk membackup template karena apabila terjadi kesalahan dalam pemasangannya, sobat bisa mengembalikannya ke keadaan semula,singak cerita berikut caranya.

1. Login ke dasboor blogger sobat.
2. Pada Dashboard, pilih Template » Edit HTML serta jangan lupa mencentang "Expand Template Widget
3. Langkah selanjutnya cari kode seperti di bawah ini :

<a class='timestamp-link' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='published' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr></a>

4. Jika sudah menemukan kode seperti di atas, ganti kode yang saya beri tanda merah di atas dengan kata "updated". Maka hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini :

<a class='updated' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='updated' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr></a>

5. Kemudian simpan template.Kemudian simpan template.

Namun, jika kode di atas tidak terdapat dalam template, maka sobat tinggal mencopy kode di atas dan memasukkannya ke dalam template (ada tambahan kode lainnya) dan berikut caranya :

1. Pertama cari kode <b:if cond='data:post.hasJumpLink'>,untuk mempercepat pencarian Tekan Ctrl (f)
2. Jika sudah ketemu, copy kode di bawah ini dan pastekan tepat di atas kode <b:if cond='data:post.hasJumpLink'>


<div class='vcard' id='hcard- Ganti dengan nama sobat'>
<span class='fn n'>
<span class='given-name'></span>
</span>
<a class='updated' expr:href='data:post.url' rel='bookmark' title='permanent link'><abbr class='updated' expr:title='data:post.timestampISO8601'><data:post.timestamp/></abbr></a>
</div>


3. Simpan template sobat dan lihat hasilnya.

Jika penjelasan di atas masih belum dimengerti, silahkan memberikan komentar di bawah & Insya Allah saya akan membantu sobat dalam pemasangannya. Sekian dan terima kasih, semoga artikel atau postingan saya kali ini memberikan manfaat bagi sobat. Salam bloggers...!!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
18 April 2013 07.41 delete

Berhasil-berhasil hore...!!

Reply
avatar
3 Juni 2013 14.34 delete

Makasih infonya berhasil ane.........

Reply
avatar

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon