Beberapa Jenis Prosesor Tablet

Beberapa Jenis Prosesor Tablet-Performa dan kinerja tablet ditentukan oleh prosesor yang digunakan, sehingga prosesor disebut sebagai otaknya tablet. Semakin tinggi prosesor yang digunakan tentunya akan mempercepat performa kinerja tablet dalam menjalankan menu dan aplikasi. Untuk mendapatkan kualitas performa mumpuni, pilihlah tablet dengan kecepatan prosesor tertinggi.

Beberapa Jenis Prosesor Tablet
Berikut jenis prosesor tablet yang beredar di pasar tanah air :

1. EXYNOS
EXYNOS

Prosesor ini dikembangkan oleh Samsung Electronics yang dibangun dengan basis System On a chip (SoC) Khusus untuk perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Saat ini, Prosesor Exynos terbaru adalah Exynos 4412 prosesor Quard Core dengan clock 2.0 GHz Exynos 5450, prosesor quad core dengan clock 2.0GHz.

2. TEGRA


TEGRA
Merupakan prosesor besutan dari Nvidia, sudah tiga generasi yang dirilisnya yaitu Nvidia Tegra APX, Nvidia Tegra 2 serta Nvidia Tegra 3. Generasi Tegra 3 tersebut sempat menghebohkan dunia pada tahun 2011, lantaran prosesor tersebut merupakan Quard core padahal saat itu produsen lain tengah memproduksi prosesor dual core. Prosesor tegra 3 dibangun dengan menggunakan arsitektur ARM Cortex A9 dengan core maksimum mencapai 1.4GHz.
Jenis Prosesor ini mampu menampilkan gambar berkualitas dengan konsumsi energi minimum. Selain itu, pengguna juga bisa menampilkan vidio dengan resolusi hingga 2560x1600 piksel. Saat ini tak banyak tablet maupun smartphone yang menggunakan prosesor ini diantaranya adalah asus Eee Pad Transformer Prime, Lenovo IdeaPad K2 dan Acer Iconia Tab A700.

3. SNAPDRAGON

SNAPDRAGON
Snapdragon merupakan jenis prosesor besutan Qualcomm yang paling banyak digunakan untuk tablet branded. Hingga saat ini Qualcomm telah meluncurkan 4 generasi Snapdragon yakni, Snapdragon S1, Snapdragon S2, Snapdragon S3 dan Snapdragon S4. Snapdragon S4 yang merupakan prosesor terbaru berukuran 28nm dan 45nm dengan kemampuan 1,6 GHz-2,5 GHz. Berikut keunggulannya :
  • Layar resolusi Tinggi 1920-kali-1080 (1080p)
  • Support hingga tiga kamera, dengan dukungan hingga 20MP, stabilisasi gambar, kelambatan rana nol, dan HDR.
  • Konfigurasi dual dan quad core untuk multitasking.
  • Grafis 3D super Cepat dan visual imersif untuk gaming
  • Modem 4G LTE multimode memastikan penjelajahan diinternet dan mengunduhan applikasi yang cepat
  • Pemutaran Vidio High Definition (HD) 1080p dengan dukungan multilayer dan HMDI terintegrasi.
  • Audio Dolby 7.1 surround sound canggih.
  • Konversi 2D ke 3D stereoskopik untuk pemutaran S-3D pada perangkat atau streming ke tampilan luar.
  • Konektivitas nirkabel lengkap dengan Wi-Fi, Bluetooth, radio FM, dan GNSS presisi internal, yang terdiri dari GPS dan penerima lokasi Glonass.
  • Konten atau data secara nirkabel menggunakan jaringan WI-FI anda dengan tampilan WI-FI dan WI-FI Direct (hotspot selular)

4. MEDIATEK

MEDIATEK
Mediatek atau yang lebih dikenal dengan nama MTK merupakan perusahaan semikonduktor dan menjual komponen untuk perusahaan perangkat komunikasi nirkabel yang beriri pada 28 mei 1997 dan berpusat di Hsinchu Science Park, Taiwan. Kantor penjualan dan risetnya tersebar di cina, denmark, Uni emirate Arab, India, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Inggris, Amerika dan Swedia.
Mediatek terus melaju dengan chipset terbaru, murah dan berteknologi canggih yaitu diawal tahun 2012 MTK merilis MT6575. MT6575 merupakan prosesor singgel core ARM Cortex-A9 sebesar 1GHz berukuran 40nm dengan imagination power VR. Platfom ini ramah lingkungan, mampu mendukung OS Android Ice Cream Sandwich serta dapat diaplikasikann ditablet maupun ponsel. Solusi 3G yang diberi nama "Cool 3D" juga dibenamkan di MT6575 dan prosesor penerusnya, sehingga menghasilkan Android 3D murah.

Baru-baru ini untuk pasar Indonesia, MediaTek mengandeng IMO merilis MT6577 di Smartphone seri S88 Discovery. Smartphone tersebut Android lokal pertama yang menggunakan chipset MT6577. Berikut keunggulan MTK MT 6557 :
  • 1.OG-1.2G ARM Cortex A9 Dual Core Chip
  • GPU built-in power SGX 531
  • Support 1080p/30fps vidio recording and playing
  • Support up to 16 megapixcel kamera
  • 40nm manufacture tecnology
  • Support Dual SIM Card WCDMA and GSM network
Saya rasa hanya itu saja yang bisa saya share tentang Jenis Procesor Tablet, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. Semoga bermanfaat dan selamat beruru tablet dengan selera dan kebutuhan anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

* Jangan Meninggalkan Link Aktif
* Silahkan berkomentar dengan Kata Sopan Dan Ber-Etika.
* Terima kasih telah singgah di blog ini.
* Oke jangan pernah bosen singgah di sini :D
EmoticonEmoticon